Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu, Minggu & Hari Besar Tutup
Beranda » Artikel Terbaru » Menengok Model Tas-Tas Zaman Dahulu

Menengok Model Tas-Tas Zaman Dahulu

Diposting pada 16 Mei 2022 oleh admin | Dilihat: 220 kali

Tas sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia saat ini, tas umumnya digunakan untuk menyimpan barang atau sesuatu. Sejarah tas juga sudah menjadi bagian dari sejarah peradaban manusia juga.

Sebelum abad ke-17, pakaian yang dikenakan orang orang saat itu tidak dilengkapi dengan kantung penyimpanan. Jadi sebuah keharusan orang orang saat itu memiliki tempat penyimpanan tersendiri untuk menyimpan barang barang pribadinya. Misalnya uang koin atau gulungan surat.

Berikut kami jabarkan berbagai macam model tas yang digunakan orang orang zaman dahulu;

  • Tas prajurit Romawi

tas prajurit romawi

Selama abad ke-1 – ke-3. Para prajurit bangsa Romawi mengenakan tas yang disebut dengan “Roman loculus”. Roman loculus memiliki ukuran sekitar 18 hingga 20 inci. terbuat dari kulit kambing atau kulit anak sapi tunggal, dan diberi aksen dengan tali kulit diagonal yang diperkuat dengan cincin perunggu yang diletakan ditengah tas.

  • Tas kulit modern “pertama”

Tas kulit modern “pertama”

Pada abad ke-15, kertas sudah umum digunakan dimana-mana, bahkan sudah dikumpulkan menjadi sebuah buku. Hal itu membuat barang bawaan orang orang saat itu bertambah, terutama bagi orang yang bekerja di kantor pemerintahan atau penjaga perpustakaan.

 

Barang-barang yang umum dibawa orang orang saat itu adalah dokumen, surat, buku, alkitab, dan relikwi. Tentunya semua itu  harus dilindungi dengan sangat baik. Oleh karena itu, Sekitar tahun 1599, Shakespeare memperkenalkan tas kulit pertama pada abad itu. bentuknya mirip dengan tas kulit jinjing pada saat ini, namun dengan hanya dilengkapi satu kantung penyimpanan.

  • Tas pinggang wanita abad pertengahan

Tas pinggang wanita abad pertengahan

Tak lama kemudian setelah itu, desain tas mulai beragam dan berkembang dari tahun ke tahun. Ada tas kecil dengan tali untuk uang, tas yang lebih besar dengan pengait logam, dan tas untuk menyimpan parfum. Bagi para wanita. Untuk membawa tas yang berukuran kecil diletakkan sabuk pinggul korset. Tas kecil itu juga berfungsi sebagai penanda status sosial perempuan saat itu. dari bahan tas yang kain tenun sederhana yang melambangkan kalangan bawah hingga tas yang dilengkapi logam mulia yang melambangkan kalangan atas atau bangsawan.

  • Tas kantung abad ke-17

Tas kantung abad ke-17

Pada pergantian abad ke-17, mulai bermunculan tas model kecil untuk membawa barang yang lebih kecil dan sedikit. Bentuknya mirip seperti tas selempang pada zaman modern. Namun dengan bahan yang lebih sederhana.

Pada periode ini. Tas model ini umum digunakan oleh para pengantar surat atau kurir dalam membawa surat wasiat, selebaran atau pamflet, bahkan surat yang berurusan dengan urusan kerajaan.

  • Tas para tentara Revolusional

Tas para tentara Revolusional

Tentara pada masa itu umumnya dilengkapi dengan tas ransel sederhana yang terbuat dari kulit hewan atau anyaman jerami. Prajurit Napoleon menggunakan tas ransel yang biasanya berisi perbekalan personal seperti kantung air minum, sepotong roti atau potongan daging kering dan semacamnya.

  • Tas kerja zaman Industrial

Pada abad ke-19, dimana Revolusi Industri pertama baru dimulai, orang sudah berpikir jauh kedepan. Misalnya  bagaimana menyimpan barang lebih mudah dan praktis dibanding sebelumnya.  Orang menjadi lebih mobile, bepergian lebih sering dan lebih jauh dengan munculnya kereta uap dan mobil pertama, membutuhkan tas yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Oleh karena itu banyak ditemui perajin tas handal untuk memenuhi kebutuhan pelanggan saat itu. Perajin tas bekerja sama dengan pengepul kulit untuk membuat tas terbaik.

  • Koper Pertama

Koper Pertama

Koper pertama kali muncul dan mulai umum digunakan di Inggris sejak tahun 1860. Penggunaaan koper mulai digaungkan oleh perusahaan terkemuka”Red Briefcase”.

  • Era Tas Modern

Era tas modern

Seiring perkembangan teknologi, maka penggunaan dan fungsi tas juga ikut berkembang. Dengan mudahnya menjahit memakai mesin maka orang orang bisa sesuka hati membuat tas dengan bentuk beragam dan bermacam macam.

Itulah berbagai macam model tas yang ada dari masa ke masa. Tidak dipungkiri tas sudah menjadi bagian dari kehidupan kita. Jika Anda mencari tas termurah dan terbaik, Alifine Tas adalah jawabannya. Tidak hanya tas untuk perkantoran, tas Workshop, tas ransel, tas dompet, tas selempang, tote bag, dan sejenisnya tersedia di Alifine Tas. Cukup akses alifinetas.com dan pilih tas kesukaan Anda.

 

 

 

Bagikan informasi tentang Menengok Model Tas-Tas Zaman Dahulu kepada teman atau kerabat Anda.

Menengok Model Tas-Tas Zaman Dahulu | Alifine Tas Konveksi Tas Seminar

Belum ada komentar untuk Menengok Model Tas-Tas Zaman Dahulu

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Tas Selempang Silver embos kulit sintetis

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 75.000
Pre Order
Tas Laptop Hitam kombinasi kain Batik

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

tas laptop batik untuk seminar, diklat, rapat kerja Rp 50.000
Pre Order
Tas Ransel Bahan Polo dengan Bordir

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 120.000
Pre Order
SIDEBAR