Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu, Minggu & Hari Besar Tutup
Beranda » Artikel Terbaru » Mengenal Berbagai Macam Resleting Pada Tas Seminar

Mengenal Berbagai Macam Resleting Pada Tas Seminar

Diposting pada 12 Mei 2022 oleh admin | Dilihat: 201 kali

Bagi para penjahit. Penting sekali untuk mengetahui berbagai macam jenis dan ukuran resleting. Resleting seperti pada umunya adalah suatu pengait yang berfungsi membuka dan menutup suatu benda.
Kali ini, kami akan menyajikan tulisan mengenai apa itu resleting, beserta cara kerja, jenis, ukuran, dan material apa saja yang digunakan.

• Anatomi Resleting

Sebelum kita benar-benar merinci anatomi ritsleting, Anda harus memahami dua kelas dasar ritsleting . Yaitu bagian bawah tertutup (closed bottom) dan pemisah resleting (separated zipper).

a. Bawah Tertutup (closed bottom) – Resleting bawah tertutup memiliki palang yang melintang di kedua sisi dasar resleting (disebut stop bawah), yang menjaga resleting tetap utuh.
b. Pemisah resleting (separated zipper) – merupakan bagian pembuka dan penutup suatu benda yang sudah dilengkapi resleting.

Sekarang setelah kita mengetahui perbedaan antara keduanya, mari kita simak anatomi resleting:

1) Top Stop – Mencegah penggeseran pemisah terlepas dari bagian atas resleting
2) Slider Body – Menggabungkan dan memisahkan gigi saat meluncur ke atas dan ke bawah
3) Pull Tab – Apa yang Anda gunakan untuk menggerakkan Slider Body ke atas dan ke bawah
4) Gigi/Rantai – Pegangan pada resleting
5) Tape – Kain yang digunakan untuk menempelkan Gigi/Rantai
6) Bottom Stop Mencegah penggeser Anda terlepas dari bagian bawah resleting (hanya resleting bawah tertutup)
7) Insertion Pin – Mengamankan sisi berlawanan dari ritsleting pada Retainer Box
8) Retainer Box – Mengamankan ritsleting bersama-sama dan mencegah penggeser Anda terlepas dari bagian bawah resleting

• Macam macam jenis resleting

Ada tiga jenis utama resleting yang umum digunakan, yaitu resleting koil, plastik bercap (molded plastic), dan logam.

1. Koil

Resleting koil adalah resleting ringan yang populer. Gigi terbuat dari nilon atau poliester melingkar yang dijahit atau ditenun menjadi pita. Cara pembuatannya sangat fleksibel. Ini menjadikannya pilihan tepat untuk jaket rajut atau proyek ringan lainnya. Tekstur giginya jauh lebih halus daripada gigi ritsleting plastik atau logam yang mungkin menjadikannya pilihan yang baik untuk tas dan kantong di mana Anda tidak ingin resleting Anda menonjol.

2. Plastik bercap (molded plastic)

Resleting plastik yang dibentuk memiliki gigi yang dicetak dan dilebur langsung ke pita ritsleting. Konstruksi ini menggunakan bahan yang sangat murah yang biasanya menjadikannya pilihan yang paling hemat biaya. Bentuk gigi membuatnya sedikit lebih kaku daripada resleting koil. Resleting plastik yang dibentuk sangat bagus untuk pakaian anak-anak, tas jinjing, dan banyak lagi.

3. Logam

Resleting logam memiliki gigi logam yang dijepit pada pita resleting. Ini membuat reseting logam menjadi tahan lama. Bahan logam baik digunakan dalam pembuatan mantel berat, tas wol, dan barangbarang berbahan dasar kulit. Meskipun begitu, seperti yang kita ketahui, logam jauh lebih berat daripada nilon, poliester dan plastik. Hal lain yang harus diketahui adalah penggeser resleting logam tidak bergerak semulus gigi ke atas dan ke bawah seperti material dua lainnya,

4. Invisible Zippers

Jenis resleting ini berbeda dengan resleting lainnya, Gigi resleting ini ada di bagian belakang resleting. Resleting ini biasa digunakan dalam pembuatan pakaian wanita seperti gaun atau dress.

• Ukuran resleting

Saat Anda membeli resleting, Anda akan melihat simbol “#” kecil dengan ukuran angka di sebelahnya. Angka ini mengacu pada ukuran ritsleting gigi, mengukur dari satu tepi luar gigi yang lain.

1. Nomor resleting 1 sampai 4, resleting dengan ukuran ini cocok untuk pakaian formal kecil. bantal. tas tangan. rok. gaun. dan celana.
2. Nomor resleting 5 sampai 7, resleting ini cocok jaket sedang. tas ransel. tenda. dompet. ransel. bagasi. dan sepatu bot.
3. Nomor resleting 8 sampai 10, resleting ini cocok dalam pembuatan pakaian industri besar. penutup kendaraan. kain pelapis, dan tenda kanvas.

Itulah pengetahuan bagaimana anatomi, jenis material, serta ukuran risleting yang perlu Anda ketahui. Resleting sangat umum digunakan sebagai pengaman pada berbagai jenis tas. Nah, Jika Anda mencari tas termurah, dan terbaik, Alifine Tas adalah jawabannya. Mulai dari tas Workshop, tas ransel, tas dompet, tas selempang dan sejenisnya tersedia di Alifine Tas. Cukup akses alifinetas.com dan pilih tas kesukaan Anda.

 

Bagikan informasi tentang Mengenal Berbagai Macam Resleting Pada Tas Seminar kepada teman atau kerabat Anda.

Mengenal Berbagai Macam Resleting Pada Tas Seminar | Alifine Tas Konveksi Tas Seminar

Belum ada komentar untuk Mengenal Berbagai Macam Resleting Pada Tas Seminar

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Tas gendong ransel hitam ukuran besar bahan polo

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 110.000
Pre Order
Tas tote bag seminar kombinasi batik dengan tambahan sablon

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

tas seminar kit, Rp 23.000
Pre Order
Tas seminar jinjing batik

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

tote bag blacu tas seminar batik jinjing Rp 23.000
Pre Order
Rp 23.000
Pre Order
SIDEBAR